Harmuniati, Iyut (2022) Istirotiijiyaat ta'allum maharot al qiro'ah ladaa al-thullab fii al-shoffi al-sabi' bi madrosah isma'iliyyah al-mutawassithoh al-islamiyah nalumsari Jepara al-'am al-dirasi 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (2MB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (2MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (1MB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui strategi belajar bahasa arab pada maharoh qiroah siswa kelas VII MTs. Ismailiyyah Jepara Tahun Pelajaran 2020-2021. (2) Mengetahui factor pendukung strategi belajar maharoh qiroah pada siswa kelas VII MTs. Ismailiyyah Jepara Tahun Pelajaran 2020-2021. (3) Mengetahui factor penghambatstrategi belajar maharoh qiroah pada siswa kelas VII MTs. Ismailiyyah Jepara Tahun Pelajaran 2020-2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitiannya adalah guru Bahasa arab dan beberapa siswa kelas VII MTs Ismailiyyah Nalumsari Jepara tahun ajaran 2020-2021. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Siswa kelas tujuh MTs Ismailiyyah Nalumsari Jepara lebih dominan menggunakan strategi memori, kognitif, dan kompensasi. Adapun strategi memori merupakan strategi langsung yang dapat membantu peserta didik mengumpulkan informasi baru dan mengulangnya. Strategi ini bisa dilakukan dengan mengulangi pelajaran yang telah dipelajari sebelumnya. Strategi kognitif merupakan strategi langsung yang dapat membatu siswa dalam memahami Bahasa dan menggunakannya pada kondisi yang berbeda. Strategi ini bisa dilakukan dengan membuat rangkuman materi supaya mudah dipelajari. Dan strategi kompensasi merupakan salah satu strategi langsung yang dapat membantu siswa dalam menggunakan bahasa meskipun pengetahuan mereka terbatas. Strategi ini bisa dilakukan dengan menebak arti kata yang belum diketahui dan memadankan dengan Bahasa ibu. (2)Factor pendukung yang berkaitan dengan aspek fisiologis dan psikologi. Yang dimaksud aspek fisiologis adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan kesehatan siswa dan yang dimaksud factor psikologis adalah sesuatu yang berhubungan dengan kondisi psikologi siswa misalnya kecerdasan dan motivasi siswa. (3) Factor penghambat yang terdiri dari lingkungan keluarga, sekolah dan lingkungan masyarakat,. Lingkungan keluarga menjadi pengaruh bagi setiap anak dalam memotivasi proses belajar Bahasa arab siswa. Lingkungan sekolah merupakan salah satu factor eksternal yang sangat berpengaruh dalam kegiatan belajar siswa. Karena di sekolah siswa mendapatkan banyak pengetahuan dan pengalaman yang sangat berharga. Dan yang terakhir yaitu factor lingkungan mayarakat menjadi pengaruh strategi belajar siswa. Jika siswa bergaul dengan orang yang tepat maka akan tercipta lingkungan yang baik pula dan tidak mengganggu aktivitas belajar siswa di rumah. Namun sebaliknya jika siswa salah memilih teman maka aktivitas belajar siswa akan terganggu dan berpengaruh tidak baik dalam diri siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Belajar Bahasa Arab, Maharoh Qiro’ah |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 24 May 2022 01:37 |
Last Modified: | 24 May 2022 01:37 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7048 |
Actions (login required)
View Item |