Hanifah, Ummi (2023) المنهج الدراسي لتعليم اللغة العربية في برنامج التخصص بالمعهد الإسلامي العصري البروج جفارا السنة الدراسية 2022/2023 م. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER.pdf Download (672kB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (391kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (286kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (393kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (751kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (399kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (668kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (292kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (389kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab Program Takhasus di Pondok Pesantren Modern Al-Buruj dan untuk mengetahui factor pendukung dan factor penghambat dalam kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab Program Takhasus di Pondok Pesantren Modern Al-Buruj,dan untuk mengetahui Upaya Mengatasi Faktor Penghambat Penerapan Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab Program Takhosus di Pondok Modern Al-Buruj. Penelitian ini dilakukan di Program Takhasus Pondok Pesantren Modern Al-Buruj Jepara Tahun Ajaran 2022/2023 M, dengan metode penelitian kualitatif dan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi dan uji keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi. Adapun Hasil penelitian ini adalah:(1) Kurikulum pembelajaran Pembelajaran Bahasa Arab Program Takhasus di Pondok Pesantren Modern Al-Buruj menggunakan kurikulum campuran dengan menggabungkan kurikulum pondok pesantren salaf dan pondok pesantren modern yang dapat dilihat pada tujuannya yaitu siswa mahir mahasa arab kontekstual dan komunikasi. Materi yang diajarkan disesuaikan dengan tujuan yaitu kitab ulama salaf dan kitab dari pondok sendiri yang dikembangkan,dan metode pengajaran yang digunakan yaitu menggabungkan metode metode qowaid tarjamah dan metode mubasyaroh. metode-metode yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar juga dikembangkan dalam beberapa metode seperti metode drill metode diskusi metode metode sorogan dan metode bandongan.serta evaluasi yang digunakan menggunakan tes bulanan dengan tes tulis dan tes lisan. (2) mengetahui factor pendukung dan factor penghambat dalam kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab Program Takhasus di Pondok Pesantren Modern Al-Buruj, Bahwa faktor yang mendukung keberhasilan adalah: adanya Tujuan kurikulum yang jelas, Keragaman program di dalam dan di luar, Kompetensi guru yang sebagian besar lulusan dari Timur Tengah dan sesuai di bidang keilmuannya,Proses penguasaan materi bagi peserta didik berlangsung secara bertahap, Sarana pendidikan yang memadai, penggunaan bahasa arab sebagai bahasa pengantar pada pembelajaran, pelaksanaan bulan tes. Adapun faktor yang menghambat keberhasilan adalah: kurang memaksimalkan sumber daya siswa, Kalender akademik yang tidak dipatenkan seperti kegiatan di luar kalender pendidikan, Kurangnya pengawasan guru dan pengurus,Kurangnya motivasi di kalangan siswa, Kurang percaya diri dalam berbicara bahasa Arab,Terlalu banyak kegiatan di pondok yang membagi fokus pendidikan siswa. (3).Upaya Mengatasi Faktor Penghambat Penerapan Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab Program Takhosus di Pondok Modern Al-Buruj yaitu Memaksimalkan sumber daya siswa, melaksanakan evaluasi secara menyeluruh, mengadakan keamanan bahasa atau jasus bahasa, Menciptakan inovasi dan kompetisi pembelajaran, Sering berlatih dan janga takut salah dan pendekatan jadwal kegiatan belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum,Pembelajaran Bahasa Arab, Pesantren | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Administrasi Sekolah, Manajemen Sekolah Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) | |||||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | |||||||||
Date Deposited: | 26 May 2023 08:39 | |||||||||
Last Modified: | 26 May 2023 08:39 | |||||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10094 |
Actions (login required)
View Item |