Marom, Ahmad Azkal (2017) PENERAPAN METODE COURSE REVIEW HORAY DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN MAHARAH KITABAH DI MADRASAH MAZRA’ATUL HUDA KARANGANYAR DEMAK TAHUN AJARAN 2016-2017. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (924kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (2MB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (1MB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan utama dalam penelitian ini adalah mengetahui kegiatan pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah tsanawiyah Mazro’atul Huda Karanganyar Demak, dan mengetahui penerapan metode Course Review Horay, meliputi tingkat keefektifan penerapan metode ini dan faktor pendukung dan penghambat penerapan metode Course Review Horay dalam pembelajaran bahasa arab untuk meningkatkan maharah kitabah. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam penulisan skripsi ini merupakan penelitian kualitatif. Dan dalam memperoleh data-datanya peneliti menggunakan metode dokumentasi, wawancara, dan pengamatan. Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah tsanawiyah Mazro’atul Huda Karanganyar Demak berjalan dengan baik. dan penerapan metode Course Review Horay dalam pembelajaran bahasa arab hususnya untuk meningkatkan maharah kitabah juga berjalan dengan baik, karena langkah-langkah penerapanya sudah sesuai dengan kondisi kelas dan tingkat kemampuan peserta didik serta sesuai dengan teori yang ditulis oleh para ahli pendidikan bahasa arab. Namun masih ada beberapa problem yang dihadapi guru pengampu. Adapun keefektifan penerapan metode Course Review Horay berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti secara langsung menunjukan bahwa penerepanya cukup efektif, khususnya dalam meningkatkan maharatul kitabah, hal ini ditinjau dari meningkatnya nilai siswa rata – rata 7,9. setelah di terapkanya metode Course Review Horay di sekolah Mazro’atul Huda Karanganyar Demak. Adapun nilai ketuntasan 7.2. Berdasarkan kesimpulan data menunjukkan bahwa terdapat faktor penghambat dan pendukung dalam penerapan metode Course Review Horay, faktor pendukungnya yaitu : kemampuan guru dalam menerapkan berbagai metode, mempersiapkan perangkat pembelajaran dan meciptakan sesuatu yang baru dalam pembelajaran bahasa arab, tingginya keinginan siswa dan perhatiannya dalam pembelajran bahasa arab. Sedangkan faktor penghalangnya adalah: Waktu jam pelajaran bahasa arab terbatas, sebagian siswa tidak berani menjawab, kurang menguasai mufradat dan gramatikal bahasa arab, media pembelajaran bahasa arab belum terpenuhi secara keseluruhan, dan lingkungan yang tidak mendukung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penerapan; Metode Course Review Horay; Pembelajaran Bahasa Arab (Kitabah) |
Subjects: | Bahasa Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 26 Oct 2017 04:31 |
Last Modified: | 26 Oct 2017 04:31 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1883 |
Actions (login required)
View Item |