Jannah, Mafrusatul (2019) Tatbiq wasayil al sam’iyah al bashariyah litarqiyah maharah al kalam al lughah al ‘arabiyah ladaay al thulaab bi al madrasah al tsaanawiyah nahdlatussibyan wanaketingal karanganyar demak lil sanah al dirasiyah 2018 / 2019m. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. COVER- KATA PENGANTAR.pdf Download (2MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
Text
3 DAFTRAR ISI.pdf Download (1MB) |
|
Text
4 BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (7MB) |
|
Text
6 BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
7 BAB IV.pdf Download (10MB) |
|
Text
8 BAB V.pdf Download (786kB) |
|
Text
9 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (789kB) |
Abstract
Bahasa Arab merupakan media komunikasi yang digunakan Manusia untuk berkomunikasi. Perkembangan di Era globalisasi mendorong masyarakat untuk belajar bahasa Asing sebagai sarana untuk mempermudah hubungan mereka dengan komunitas masyarakat lain. Salah satu bahasa asing yang penting adalah bahasa Arab, yaitu alat komunikasi manusia dengan sesamanya dan berkaitan dengan agama Islam. Bahasa Arab dalam bidang pendidikan harus bertujuan mengajarkan dan meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menggunakan bahasa secara efektif. Bahasa arab memuat empat keterampilan dasar bahasa yaitu keterampilan mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis. Keterampilan berbicara merupakan kunci dasar komunikasi berbahasa, sehingga pengajar memerlukan media yang khusus dan membantu dalam mengajarkan keterampilan berbicara secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk: 1. Mengetahui proses implementasi media audio visual untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa arab siswa MA Nahdlotussibyan Wonoketingal Karanganyar Demak Tahun Ajaran 2018/2019. 2. Mengetahui efektifitas implementasi media audio visual untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa arab siswa MA Nahdlotussibyan Wonoketingal Karanganyar Demak Tahun Ajaran 2018/2019. 3. Mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi media audio visual untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa arab siswa MA Nahdlotussibyan Wonoketingal Karanganyar Demak Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dan menggunakan pendekatan kualitatatif sebagai metode untuk mengetahui fenomena dan menganalisis data yang ada. Peneliti juga menggunakan metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Peneliti melaksanakan validasi data melalui teknik memperpanjang observasi, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi media audio visual dalam pembelajaran bahasa arab terbagi menjadi empat bagian, yaitu fase persiapan berkaitan dengan hal-hal pra pembelajaran, fase khusus yang berkaitan dengan kegiatan khusus dalam penerapan, fase implementasi berkaitan dengan proses di dalam pembelajaran, dan evaluasi berkaitan dengan penilaian pembelajaran. Kemudian berkenaan dengan efektivitas implementasi metode ini data menunjukkan bahwa media ini efektif dan mempunyai pengaruh dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Data menunjukkan dari aspek keterampilan berbicara bahwa pelafalan kata pada siswa sudah mencapai 100 %, kosa kata 96 %, susunan kata 90,2 %, dan pengungkapannya 92,2 %. Adapun faktor pendukung dalam mengimplementasikan media ini adalah adanya minat peserta didik yang sangat tinggi, berbagai teknik yang menarik, dan adanya pelajaran tambahan diluar kelas. Adapun faktor penghambat implementasi media ini adalah ramainya siswa dan perhatian yang tidak terfokus
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Media, Audio, Visual, dan Kemampuan Berbicara |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 21 Oct 2021 04:14 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 04:14 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5514 |
Actions (login required)
View Item |