Rohmah, Khozainur (2021) Tathbiq istiratijiyyah al-amaliyah Reading Guide fi maharah al-qiroah fi ta'lim al-lughah al-'arabiyah laday thullab fii al-fashl al-asyar fii al-madrasah Ibtidaul Falah Dawe Kudus as-sanah ad-dirosiyah 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1 COVER-KATA PEGNANTAR.pdf Download (1MB) |
|
Text
2 ABSTRAK.pdf Download (688kB) |
|
Text
3 DAFTAR ISI.pdf Download (535kB) |
|
Text
4. Bab 1.pdf Download (1MB) |
|
Text
5. bab 2.pdf Download (3MB) |
|
Text
6. Bab 3.pdf Download (1MB) |
|
Text
7. Bab 4.pdf Download (4MB) |
|
Text
8. Bab 5.pdf Download (459kB) |
|
Text
9. Daftar Pustaka.pdf Download (762kB) |
Abstract
Reading Guide adalah model pembelajaran bacaan terbimbing dimana guru memberikan bahan bacaan dan pertanyaan-pertanyaan kepada siswa untuk memperoleh informasi sesuai dengan tujuan yang diharapkan dan metode ini merupakan strategi untuk mengaktifkan peserta didik dalam pembelajaran. Permasalahan yang ditemukan peserta didik kelas X dalam pembelajaran di MA Ibtidaul Falah Dawe Kudus adalah kurangnya waktu dalam pembelajaran dikarenakan banyaknya materi yang disampaikan, ini menyebabkan materi tidak tersampaikan didalam kelas, kurangnya perhatian dan keaktifan siswa dalam pembelajaran, dan kurangnya semangat siswa dalam pembelajaran. Dalam keadaan seperti ini strategi Reading Guide ini dapat digunakan secara optimal. Dan dalam pembelajaran keterampilan membaca, guru bahasa Arab mampu memaksimalkan pembelajaran dengan menggunakan strategi Reading Guide. Maka dari itu peneliti memilih judul penerapan strategi pembelajaran aktif Reading Guide terhadap keterampilan membaca dalam pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk: 1. Mengetahui bagaimana penerapan strategi pembelajaran aktif Reading Guide terhadap keterampilan membaca dalam pembelajaran bahasa Arab Siswa Kelas X MA Ibtidaul Falah Dawe Kudus Tahun Ajaran 2020/2021. 2. Mengetahui kendala- kendala yang ditemukan siswa dan upaya guru untuk mengatasinya dalam penerapan strategi pembelajaran aktif Reading Guide terhadap keterampilan membaca dalam pembelajaran bahasa Arab Siswa Kelas X MA Ibtidaul Falah Dawe Kudus Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif sebagai metode untuk mengetahui fenomena dan menganalisi data yang ada. Penelitian ini dilakukan di MA Ibtidaul Falah Dawe Kudus. Dalam informan penelitian ini adalah guru bahasa arab, kepala sekolah, dan siswa. Peneliti juga menggunakan metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, yang pertama adalah penerapan Strategi pembelajaran aktif Reading Guide terhadap keterampilan membaca dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas X telah berhasil mengaktifkan siswa dan menghidupkan proses pembelajaran bahasa Arab. Yang kedua adalah kendala-kendala yang ditemukan siswa kelas X pada pembelajaran keterampilan membaca dengan penerapan strategi pembelajaran Reading Guide adalah siswa tidak memahami kata ganti, siswa tidak memahami kosa kata, dan siswa tidak bisa menerjemah bacaan. Dan yang ketiga adalah upaya-upaya yang dilakukan guru bahasa Arab untuk mengatasi kendala-kendala tersebut yaitu mengharuskan semua santri memiliki kamus bahasa arab, menghafalkan tashrifan, memberikan pelajaran qawaid nahwu dan shorof, dan membuatkan siswa kelompok belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pembelajaran aktif, Strategi Reading Guide (Pedoman Membaca), Keterampilan Membaca |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 15 Nov 2021 03:51 |
Last Modified: | 15 Nov 2021 03:51 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5848 |
Actions (login required)
View Item |