Rukoiyah, Siti (2022) Tatbiq astikhdam la'ibah "jama' alkalimat bibitaqah almushawarati" (SCRAMBLE) litarqiyah maharah alkitabat fii alfashl altsaamin bialmadrasah almutawasitat al'iislamiyah darus salam jetak wadung demak al'am aldirasiy 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (688kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (682kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (966kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (703kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (842kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Implementasi permainan Scramble dengan menggunakan media kartu bergambar untuk meningkatkan keterampilan menulis. (2) Menganalisis faktor pendukung Implementasi permainan Scramble dengan menggunakan media kartu bergambar untuk meningkatkan keterampilan menulis. (3) Menganalisis faktor penghambat dalam implementasi permainan Scramble dengan menggunakan media kartu bergambar untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode kualitatif, yaitu pendekatan yang bertujuan untuk memahami suatu fenomena secara mendalam, seperti: tindakan, peristiwa, persepsi, pemikiran orang baik secara individual maupun kelompok secara mendalam dan sebagainya. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru mata pelajaran bahasa Arab serta peserta didik kelas VIII di MTs Darus Salam Jetak Wedung Demak. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tehnik wawancara, observasi, dan menggunakan studi dokumentasi. Sedangkan dalam tehnik analisis data terdiri dari tiga alur kegiatan, yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) metode permainan scramble merupakan metode pembelajaran yang menggunakan penekanan latihan soal yang dikerjakan secara berkelompok dan memerlukan adanya kerjasama antar anggota kelompok dengan cara berfikir kritis sehingga dapat memudahkan siswa dalam mencari jawaban dan mendorong siswa untuk dapat memecahkan masalah dengan cepat dan baik. Metode ini sangat kreatif dan inovatif digunakan dalam pembelajaran dan mampu menciptakan situasi serta kondisi peserta didik menjadi lebih aktif dalam belajar. (2) faktor-faktor pendukung metode pembelajaran tersebut yaitu: pendidik, peserta didik, kepala sekolah, orang tua siswa, kelebihan metode scramble sendiri serta sarana dan prasarana yang memadai, misalnya: media kartu bergambar yang digunakan dalam pembelajaran bahasa arab. (3) faktor-faktor penghambat metode pembelajaran tersebut yaitu: Terbatasnya pemahaman guru terhadap peserta didik, penggunaan model pembelajaran yang monoton, waktu yang digunakan dalam pembelaran sangat terbatas dan faktor dari peserta didik sendiri. Dengan penggunaan metode pembelajaran ini diharapkan mampu meningkatkan keterampilan menulis bahasa Arab yang dimiliki oleh siswa kelas VIII di MTs Darus Salam Jetak Wedung Demak
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Permainan Scramble, Kartu Bergambar, Maharah Kitabah, Bahasa Arab |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 02 Feb 2023 02:36 |
Last Modified: | 02 Feb 2023 02:36 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8271 |
Actions (login required)
View Item |