Istikfa, Emarotul (2017) PENERAPAN STRATEGI COOPERATIVE SCRIPT DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN BEBRBICARA LUGHOH AL-ARABIYAH SISWA KELAS VIII A DI MTS NU AL-FALAH TANJUNGREJO TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.
Text
1 Cover..pdf Download (228kB) |
|
Text
2. Abstraksi..pdf Download (148kB) |
|
Text
3. Daftar Isi..pdf Download (119kB) |
|
Text
4. BAB 1.pdf Download (202kB) |
|
Text
5. BAB 2.pdf Download (271kB) |
|
Text
6. BAB 3.pdf Download (183kB) |
|
Text
7. BAB 4.pdf Download (323kB) |
|
Text
8. BAB 5.pdf Download (111kB) |
|
Text
9. Daftar Pustaka.pdf Download (96kB) |
Abstract
Madrasah Tsanawiyah NU Al- Falah Tanjungrejo adalah salah satu madrasah yang mengajarkan kertampilan bebrbicara lughoh al-Arabiyah. Pembelajaran kertampilan bebrbicara hendaknya dilakukan dengan strategi pembelajaran, agar siswa tidak merasa jenuh dalam proses belajar mengajar. Salah satunya ialah Strategi Cooperative Script dimana strategi tersebut akan menjadikan siswa aktif dalam proses pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini ialah pertama, untuk mengetahui penerapan Strategi Cooperative Script dalam meningkatkan pemahaman ketrampilan berbicara siswa kelas VIII A di MTs NU Al-Falah Tanjungrejo, kedua, untuk mengetahui sejauh mana efektifitas penerapan Strategi Cooperative Script dalam meningkatkan pemahaman siswa dalam meningkatkan kertampilan berbicara kelas VIII A di MTs NU Al-Falah Tanjungrejo ketiga, untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan penerapan Strategi Cooperative Script dalam meningkatkan kertampilan berbicara siswa kelas VIII A di MTs NU Al-Falah Tanjungrejo. Adapun metode dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan beberapa langkah, yaitu mereduksi data, mendisplay data, mengambil kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu penerapan Strategi Cooperative Script dalam pembelajaran Bahasa Arab untuk meningkatkan ketrampilan berbicara siswa Kelas VIII A sudah berhasil karena berdasarkan pada hasil penerapannya, siswa telah mencapai nilai di atas KKM. Adapun faktor pendukungnya ialah kreatifitas dan persiapan guru, semangat dan minat murid yang tinggi, serta media dan lingkungan yang dapat mendukung pembelajaran maharotul kalam. Sedangkan faktor penghambatnya adalah alokasi waktu yang terbatas, latar belakang murid yang berbeda sehingga ada beberapa murid yang pasif, kesulitan murid dalam membaca teks bahasa Arab, kurangnya penguasaan kosakata dan kaidah Bahasa Arab. Keefektifan penerapan Strategi Cooperative Script dalam Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Meningkatkan ketrampilan berbicara siswa ditunjukkan dengan adanya pengorganisasian materi yang baik, komunikasi yang efektif, penguasaan dan antusiasme terhadap materi pelajaran, sikap positif terhadap siswa, pemberian nilai yang adil, keluwesan dalam pendekatan pembelajaran dan hasil belajar siswa yang baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Cooperative Script Dan Ketrampilan Bebrbicara Lughoh Al-Arabiyah |
Subjects: | Bahasa > Studi dan Pengajaran Bahasa Bahasa > Tata Bahasa Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab > Tata Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 09 Oct 2017 08:00 |
Last Modified: | 09 Oct 2017 08:00 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1819 |
Actions (login required)
View Item |